Followers

Estwo Project

Estwo Project adalah sebuah proyek yang lebih mengarah ke framework dan sekumpulan rancangan awal yang berguna dalam menerbangkan penulis untuk mendapatkan gelar pendidikan yang lebih tinggi (S2 a.k.a. Master’s degree). Estwo Project merupakan short-term goal yang berupa investasi intangible yaitu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia yang berguna dalam mencapai long-term goal di masa depan yang sulit diprediksi dan penuh dengan ketidakpastian. Dengan rancangan jangka waktu antara tahun 2016 hingga 2020, outcome yang diharapkan dari proyek ini adalah penulis dapat melanjutkan studi S2 di luar negeri dengan beasiswa penuh pada tahun 2018.

Memasuki kuartal ketiga tahun 2016, sebagai stage pertama Estwo Project, penulis harus menyelesaikan beberapa misi yang dicanangkan pada awal tahun 2016 yaitu: {1} Mengakumulasikan kapital sebanyak IDR 30.000K ; {2} Menuntaskan 15 – 25 buku; {3} Mengikuti tes TOEFL ITP dengan skor 550 – 600; {4} Mengakumulasikan tulisan sebanyak minimal 200.000 kata.

Di akhir tahun 2016, setidaknya saya sudah memeroleh jawaban “Why” (Asking the Why by Simon Sinek) yang berupa latar belakang kokoh mengapa saya perlu S2 di luar negeri. Saya yakin bahwasannya jika semua lulusan S1 ditanya apakah ingin S2 (di luar negeri) atau tidak, 100% mereka akan menjawab “Ya”. Namun, hanya beberapa dari mereka yang benar-benar berusaha mendapatkanya serta memeroleh latar belakang yang kuat mengapa mereka harus mengorbankan waktunya untuk kembali ke bangku kuliah, dibandingkan bekerja maupun melakukan bisnis. Dalam tulisan di bawah ini, saya akan menelusuri hal tersebut serta menuliskan blueprint awal yang berguna dalam mengarahkan saya agar mendapatkan hasil yang diinginkan pada tahun 2018 nanti.

Tulisan Estwo Project
Estwo Project: Kenapa S2?
Estwo Project: Kenapa S2 di Luar Negeri?
Estwo Project: S2 Jurusan Apa? Di Mana? Kenapa?
Estwo Project: Butuh Bekal Apa Saja?
Estwo Project: Mau Ambil Topik Penelitian Apa?
Estwo Project: Sepantas Apakah Dirimu?
Estwo Project: Course and University List

Hashtag Tahunan
2016: Tahap Awal menuju Perjalanan Panjang
2017: Lebih Berani, Lebih Tenang, Lebih Rasional!
2018: Terbangkanku ke Dunia Luar

0 comments: