Followers

09 January 2012

Tagged under:

Gol-gol Liga Indonesia (IPL & ISL) PES 2012



Kali ini saya akan berbagi video mengenai gol-gol liga Indonesia baik ISL maupun IPL yang saya mainkan melalui PES 2012. Mengenai masalah dua kompetisi di Indonesia (maaf hanya ingin menyampaikan aspirasi) yaitu ISL dan IPL, menurut saya biarkan saja kompetisi tersebut berjalan. Kita (saya) ambil sisi positifnya saja, berikut ini keuntungan dengan adanya dua kompetisi tersebut.
1. Meningkatnya lapangan pekerjaan, baik untuk pemain sepak bola itu sendiri maupun untuk staff/manajemen.
2. Banyaknya tontonan sepak bola Indonesia bagi masyarakat.
3. Munculnya pemain-pemain (muda) baru yang tidak terkenal.
4. Memberikan pengalaman baru bagi pemain pada atmosfer kompetisi yang berbeda.
5. Meningkatnya kualitas sarana (perbaikan stadion, rumput, dll.) di bidang olahraga sepak bola Indonesia.

Kita dapat lihat munculnya pemain-pemain yang awalnya tidak terkenal, yang mungkin bakatnya tidak dapat ditonton di layar kaca sebelumnya. Contohnya ialah Andik Vermansyah, namanya melambung tinggi di akhir tahun 2011 ini. saya telah mengetahui nama pemain ini sejak tahun 2008, saat umurnya 17 tahun, kala itu namanya masih terkenal di kalangan Surabaya saja. Banyak juga pemain-pemain Persebaya lainnya Rendi Irawan maupun Taufik.

Selain itu di kedua kubu Persija ISL maupun IPL, terdapat banyak pemain muda yang jarang dimainkan musim lalu, saat ini menjadi starter, contohnya adalah Hasyim Kipuw dan Ramdani Lestaluhu. Musim lalu, saya tidak pernah melihat Hasyim Kipuw bermain di Persija, hebatnya dia menjadi pemain inti saat ini. Begitu juga dengan Andritani. Beda halnya dengan Ramdani Lestaluhu, ia sering dimainkan sebagai pemain cadangan musim lalu.

Begitu pula di Persija IPL, saya menyangka tim ini bukanlah tim yang kuat dilihat dari komposisi pemainnya. Ternyata banyak pemain muda yang cukup berbakat, terdapat Sansan Fauzi, Hendra Bayau, Sedek Sanaki, Chairul Rivan, dll.

Di PSM Makassar juga bermunculan pemain-pemain muda yang berpotensial, ditambah lagi mereka diasuh oleh pelatih asing yang menurut saya memiliki kualitas yang sangat baik, Petar Segrt.

Namun hal yang sangat disayangkan bahwa pemain ISL tidak bisa menjadi bagian dari timnas Indonesia, siapa saja boleh masuk timnas asalkan memiliki kemampuan yang mumpuni, tanpa pemain ISL bisa jadi timnas Indonesia akn semakin terpuruk, kita lihat saja nanti pada saat kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Bahrain nanti.

Menurut saya wajar-wajar saja memiliki dua kompetisi yang berbeda, Indonesia merupakan negara yang besar, penduduknya juga banyak. Hal yang tidak wajar adalah orang Indonesia tapi tidak diperbolehkan membela Indonesia padahal mereka memiliki kemampuan.

Nah, berikut ini merupakan galeri gol-gol liga Indonesia yang saya mainkan melalui PES 2012. Selamat menyaksikan :)



















0 comments: