Followers

03 September 2010

Tagged under:

Penger(t)ian dan ciri-ciri Alay



PENGER(t)IAN ALAY

Dalam kamus besar bahasa Indonesia pengertian alay tidak dapat kita temukan, karena alay merupakan sebuah kata yang diciptakan secara tidak resmi. Alay sendiri merupakan singkatan dari Anak Layangan, namun di sini anak layangan bukan berarti alay adalah anak yang suka bermain layangan. Pengertian yang dimaksud dari anak layangan adalah istilah untuk menggambarkan anak yang sok keren, ikut-ikutan mode atau tren sekarang, menjijikkan, kepedean, lebay dan ingin dikenal oleh sejuta umat karena kealayannya tersebut.

Meskipun alay merupakan singkatan dari anak layangan. Bukan berarti semua alay berasal dari anak-anak kampung yang suka main layangan. Justru orang-orang alay kebanyakan tinggal di kota. Kita dapat menemukan orang-orang alay di mall, sekolah, internet (khususnya facebook). Kebanyakan para alay merupakan anak-anak muda kisaran umur 12-20 tahun.

Untuk memperjelas pengertian dari alay, mari kita bahas mengenai ciri-ciri orang alay.


CIRI-CIRI ALAY

Dalam dunia maya
1. Menggunakan huruf besar-kecil, contoh: HaLo, diSiNii SiaPaa???

2. Menggunakan huruf-huruf yang jarang ditemukan dalam sebuah kata-kata , seperti huruf c, x, v, z, q, y.

3. Kata-kata yang digunakan susah untuk dimengerti, tidak terdapat di kamus besar bahasa Indonesia, contoh:
Aku-->Akkueh, Aq, Akyu, Akkou, Q, Akku, dll.
Kamu-->Kamyu, Kamohh, Kambu (yang ini sangat aneh), dll.
Siapa-->Cyappa, Ciupu, Cp, dll.
Maaf-->Muuph, Mu’uph, Maav, dll.
Makan-->Mumsz, Mu’ums, dll.
Dan kata-kata lainnya yang sangat menjijikkan.

4. Fotonya sendiri mencapai 300-an dengan gaya-gaya yang menjijikkan seperti, pipinya dikembungin, memakai kacamata hitam, dll.

5. Dalam facebook menggunakan nama seperti ini, contoh: AkKu sii BLabla, PanGeraan BaaMbu, XxX AjaH, PrinCesZ VvV dll. Dan juga biasanya dalam facebook orang alay nyuruh orang lain untuk ngelike statusnya, padahal orang tersebut tidak menyukai statusnya (terpaksa).

6. Dan masih banyak lagi orang-orang Alay yang dapat kita temukan sendiri di dunia maya.

Dalam dunia sebenarnya
1. Diam-diam orang alay menyukai band-band alay, seperti kangen band. Ia juga menunjukkan bahwa ia menyukai band-band luar negeri seperti Avenged Sevenfold, Laruku, dll. Padahal kenyataannya ia hanya ikut-ikutan orang saja agar dibilang orang lain keren dan gaul.

2. Pakaiannya mengikuti tren sekarang, seperti celananya kotak-kotak, celananya diturunkan sampai cdnya kelihatan, menggunakan kacamata hitam yang tentunya penampilannya dapat membuat mata jadi kepanasan.

3. Terlalu pede, norak, mempunyai foto yang tak terhitung banyaknya.

Untuk mendapatkan foto-foto orang alay agar bisa mengetahuinya lebih jelas, anda dapat mencarinya di www.google.com, di facebook, di mall maupun di sekolah anda.
Originally written by M. Rasyid Ridha

1 comments:

vini vidi vucinic said...

Oh gitu ya Sob, saya baru tahu ada istilah alay (he...he...he).